9 Makanan Penurun Darah Tinggi yang Paling Efektif

Makanan penurun darah tinggi nampaknya wajib anda masukkan dalam menu sehari-hari, khususnya bagi penderita hipertensi. Pola makan yang sehat dan benar, sangat ampuh untuk mengontrol tekanan darah tinggi.

Jika tidak segera diatasi, hipertensi bisa memicu beberapa penyakit kronis yang lain, misalnya stroke, jantung, ateroklerosis, dan lain sebagainya.

Lantas, apa sajakah makanan penurun darah tinggi paling efektif? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini.

1. Susu skim

Susu skim merupakan susu bebas lemak yang diperkaya kandungan Vitamin D dan Kalsium. Berkat kedua kandungan tersebut, susu skim mampu menjaga tekanan darah seseorang agar senantiasa dalam batas normal.

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau yang dipercaya bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi yaitu bayam dan ketumbar, pasalnya kedua sayuran ini tinggi akan kandungan kalium. Bayam termasuk golongan sayur rendah akan kalori, dan memiliki tinggi serat.

Selain itu, bayam juga memiliki kandungan lain yang akan membantu menjaga tekanan darah sekaligus menurunkannya. Kandungan tersebut meliputi magnesium, folat, dan potasium.

Sayuran hijau lain yang bisa dijadikan alternatif terbaik menurunkan tekanan darah tinggi adalah seledri.

3. Gandum

Daripada anda mengonsumsi semangkuk nasi di pagi hari, para penderita hipertensi sangat disarankan supaya menggantinya dengan gandum. Pasalnya, gandum adalah sahabat baik bagi penderita hipertensim.

Berkat kandungan di dalamnya, mengonsumsi gandum secara rutin mampu menurunkan darah tinggi secara efektif.

4. Pisang

Buah yang satu ini cocok sekali dijadikan cemilan sehat bagi penderia hipertensi. Pasalnya, pisang mengandung kalium yang sangat tinggi, sehingga akan efektif untuk menurunkan darah tinggi. Jadi, mulai sekarang perbanyaklah mengonsumsi buah segudang manfaat ini setiap hari.

5. Bawang putih

Bawang putih adalah bumbu dapur yang digunakan untuk membuat masaklan supaya lebih harum dan gurih. Namun dubalik itu semua, satu siung bawang putih saja memiliki peranan penting bagi kesehatan. Yaitu mencegah penebalan pembuluh darah, mencegah terjadinya pembekuan darah, dan bisa menghilangkan penyumbatan di organ jantung.

Nah lho, mulai sekarang coba deh rutin-rutin mengonsumsi bawang putih.

6. Kedelai

Kedeleai menjadi sumber magnesium dan kalium lain yang tidak kalah bermanfaat. Untuk memanfaatkan kedeleai sebagai obat alami penurun darah tinggi, anda bisa mengonsumsi kedela yang sudah dimasak ataupun minum susu kedelai yang lezat.

Mengonsumsi segelas susu kedelai di pagi hari, bisa menjadi awal yang baik bagi penderita hipertensi.

7. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah bahan alami yang sudah populer dengan segudang manfaat di dalamnya. Salah satu kandungan minyak zaitun yaitu antioksidan, yang efektif untuk mengontrol tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Akhir-akhir ini, sebuah penelitian berhasil menemukan adanya senyawa zaitun hydroxytyrosol.

Senyawa tersebut diperoleh dari air perasannya buah zaitun ketika diolah menjadi minyak zaitun. Faktanya, zaitun hydroxytyrosol ini adalah senyawa superantioksidan terbaik untuk menjaga jantung agar tetap sehat.

8. Buah-buahan

Makanan penurun darah tinggi selanjutnya adalah buah-buahan segar seperti mengkudu, zaitun, tomat dan alpukat. Bauah-buahan segar tersebut memiliki banyak sekali nutrisi, berupa mineral dan vitamin.

9. Kentang putih

Kentang putih menawarkan potasium dan magnesium yang cukup tinggi, sehingga tak heran apabila kentang putih sangat baik bagi kesehatan jantung. Ketika tubuh kekurangan asupan kalium, maka secara otomatis natrium tambahan menjadi pilihannya.

Sebaliknya, ketika tubuh mendapat asupan kalium yang cukup, maka tubuh lebih efifien menyingkirkan kelebihan natrium. Tidak jauh berbeda dengan kalium, magnesium juga sangat bermanfaat melancarkan aliran darah yang sehat.

Dari penjelasan tersebut bisa disimpulkan, apabila magnesium dan kalium adalah zat terbaik untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *