6 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda yang Wajib Anda Tahu

Cara mengatasi mual saat hamil muda memang harus diperhatikan ketika usia kehamilan memasuki trimester pertama. Pada usia ini, indera penciuman ibu hamil jauh lebih peka, dan rasa mual mudah sekali muncul ketika ia mencium sesuatu yang cukup menyengat atau menusuk.

Kondisi ini tentu membuat ibu hamil kesusahan, bahkan bisa-bisa membuatnya merasa lemas. Baru makan sedikit, makanan langsung dikeluarkan semua. Pada akhirnya, kesehatan janin bisa dipengaruhi. Karena anda hanya sedikit mendapatkan asupan makanan.

Jangan khawatir, karena ada beberapa cara mengatasi mual saat hamil muda yang terbukti ampuh. Mau tau? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Makan dalam porsi sedikit namun sering

Seorang ibu hamil pasti merasa eneg dan ingin cepat muntah begitu melihat makanan sepiring penuh. Hasilnya, mereka tidak jadi makan padahal tubuh harus tetap mendapat asupan yang cukup.

Nah, kondisi ini bisa diatasi dengan makan sedikit demi sedikit dalam intensitas yang sering. Ketika melihat sedikit makanan, ibu hamil tidak akan merasa eneg. Begitu juga ketika makanan tersebut masuk ke dalam perutnya. Hal ini, akan membantu memberi asupan makanan yang cukup.

2. Jangan langsung beranjak dari tempat tidur

Pada umumnya, seorang wanita yang tengah hamil muda akan merasa mulai bahkan ketika dirinya baru saja bangun dari tempat tidur. Jika anda sering mengalami hal ini, sebaiknya jangan langsung meninggalkan tempat tidur, dan beri jeda waktu dahulu.

Ketika anda merasa mual, silahkan ambil biskuit atau camilan ( jika ada ). Tunggu sampai mual mereda, baru itu bangkit dari tempat tidur.

3. Jauhi makanan pemicu rasa mual

Salah satu faktor penyebab rasa mual yang dialami oleh ibu hamil adalah makanan yang dikonsumsi. Beberapa jenis makanan memang bisa membuat rasa mual semakin parah. Makanan itu adalah:

  • Makanan berminyak dan tinggi
    1. Ketika anda mengonsumsi gorengan, maka akan ada sisa minyak di usus dan lidah. Minyak yang tersisa di usus akan memicu rasa mual yang semakin menjadi-jadi.
  • Makanan pedas
    1. Rasa pedas pada suatu makanan bisa memicu rasa mual, khususnya bagi ibu hamil yang menderita asam lambung. Makanan pedas menjadi salah satu pantangan ibu hamil karena memicu asam lambung naik, dan pada akhirnya rasa mual akan muncul.

    4. Olaraga

    Cara mengatasi mual saat hamil muda selanjutnya dengan rutin berolahraga di pagi hari. Biasakan diri untuk bangun lebih awal, kemudian berolahraga sembari menikmati sejuknya udara pagi hari. Tidak perlu olahraga berat, anda cukup jalan-jalan ringan di pagi hari, hal ini sudah bisa mengurangi rasa mual bagi ibu hamil.

    5. Konsumsi buah tinggi Vitamin C

    Ibu hamil muda yang ingin mengurangi rasa mual, disarankan untuk memperbanyak konsumsi buah tinggi Vitamin C. Buah-buahan seperti jeruk, sangat baik untuk menetralisir rasa mual. Buah yang rasanya terlalu asam, tidak begitu direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil.

    6. Hindari konsumsi makanan pemicu gas

    Ibu hamil juga tidak disarankan mengonsumsi jenis makanan yang bisa menimbulkan gas dalam perut. Makanan tersebut seperti durian, nangka, kol, tape singkong, tape ketan, dan sawi hijau. Beberapa makanan ini bisa membuat perut penuh atau kembung.

    Pada akhirnya, gas akan memenuhi perut dan muncullah rasa mual. Meskipun demikian, bukan berarti makanan ini tidak diperkenankan saat hamil. Hanya saja, makanan ini sebaiknya dihindari ketika anda hamil muda dan merasa mual.

    Demikianlah 6 cara mengatasi rasa mual saat hamil muda. Silahkan coba dan lihat perbedaannya.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *